Iklan

One Redaksi
Jumat 26 2022, Agustus 26, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-26T12:19:57Z
Generasi MudaKPUPemilu

KPU Buleleng Ajak Generasi Muda Untuk Ikut Sukseskan Pemilu Tahun 2024

Advertisement
http://www.kabarnetizen.my.id -Partisipasi pemuda sangat dibutuhkan untuk kesuksesan Pemilu & Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng Komang Dudhi Udiyana dalam sosialisasi pendidikan pemilih kepada organisasi pemuda dan kemahasiswaan di Singaraja Hotel, Jumat (26/8/2022). 

“Wujud partisipasi tersebut dapat sebagai pemilih ataupun berperan aktif sebagai penyelenggara pemilu baik itu ditingkat KPPS, PPS ataupun PPK,” ungkap Dudhi Udiyana.

 Keberadaan Kabupaten Buleleng yang luas dengan sembilan kecamatan dan 148 Desa/Kelurahan, sudah jelas akan membutuhkan banyak SDM yang memadai sebagai penyelenggara di berbagai tingkatan tersebut.

Pada acara yang mengundang ketua organisasi mahasiswa dan organisasi kepemudaan di Kabupaten Buleleng tersebut, Anggota KPU Kabupaten Buleleng Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Gede Bandem Samudra selaku narasumber juga menyampaikan bahwa pendidikan pemilih dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya pemilu. 


“Dengan mengundang Bapak, Ibu dan adik-adik mahasiswa sekalian, diharapkan dapat menjadi narahubung penyebarluasan informasi tentang pentingnya pemilu minimal di lingkungan masing-masing, agar semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pemilu sehingga akan meningkatkan parisipasi pemilih pada Pemilu Tahun 2024 mendatang,” kata Bandem Samudra.  

Menurutnya, rendahnya paartisipasi pemilih di Kabupaten Buleleng salah satunya disebabkan oleh sikap masyarakat yang pesimis akan pelaksanaan pemilu sehingga memilih untuk golput. Terhadap hal ini, tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara, namun juga dibutuhkan peran masyarakat disamping pemerintah dan stakeholder terkait tentunya. Untuk itu, KPU Kabupaten Buleleng meminta kepada seluruh generasi muda untuk ikut mengambil peran demi mensukseskan Pemilu Tahun 2024 baik sebagai pemilih, peserta ataupun sebagai penyelenggara pemilu. (Red)