Iklan

One Redaksi
Selasa 16 2022, Agustus 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-16T03:36:05Z
BeritaBulelengMuaythaiPorprov

Tim Muaythai Buleleng Optimis Sapu Bersih Emas di Porprov Bali 2022

Advertisement
KabarNitizen-Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV/ 2022 menjadi ajang pembuktian pembinaan olahraga Muaythai di Gumi Panji Sakti berjalan baik. Betapa tidak, ambisi mempertahankan gelar juara umum pada dua pelaksanaan eksebishi Porprov Bali bahkan terus dipertajam dengan program latihan intensif. Apalagi dalam event kali ini Cabang Olahraga (Cabor) Muaytahi dipertandingkan secara resmi. 

Memperebutkan 18 medali terdiri dari 2 nomor seni atau waykru dan 16 nomor laga, Pengurus Kabupaten Muaythai Indonesia (Pengkab MI) Buleleng punya ambisi besar untuk sapu bersih emas. Ketua Umum MI Buleleng, Jro Nyoman Arya Astawa mengatakan saat ini Muaythai Buleleng tengah fokus untuk menunaikan target tersebut. Baginya ambisi itu realistis diraih melihat catatan gemilang prestasi atlet dari tingkat junior – senior.

“Dari hasil dua kali eksebishi Porprov, Buleleng juara umum. Terakhir Bupati Klungkung Cup kita juara umum dengan sembilan emas. Itu kita evaluasi bersama pengurus. Bahkan Terdekat kita bakal adakan try out ke Pasuruan, Jawa Timur untuk menimba ilmu. Porprov kali ini kita optimis sapu bersih emas,” tegasnya, Selasa (16/8/2022).

Mang Dauh, sapaan akrab nahkoda MI Buleleng itupun mendukung penuh pembinaan atlet lokal. Baginya kesempatan try out jelang Porprov memberikan lecutan semangat dan modal bertarung dalam berbagai event. Target besar Pengkab MI Buleleng turut diperkuat ambisi, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Cabor Muaythai, Gede Sudarma. Menurutnya pesta olahraga multi event kali ini Muaythai jadi cabor pendulang emas paling potensial. Try out yang diprogramkan pengurus menjadi bahan evaluasi sebelum terjun di Porprov Bali.

“Kita mantapkan di try out untuk bahan evaluasi. Kita bawa 15 atlet ini, 3 atlet bayangan. Astungkara semua peluang medali. Tidak hanya tarung tapi juga nomor seni,” ucap Kabid Bimpres MI Buleleng.

Sementara secara terpisah Sekretaris Umum (Sekum) Muaythai Indonesia (MI) Bali Wayan Suwita dihubungi mengatakan, persaingan di arena Porprov nanti akan berlangsung sengit. Meski dari Hasil Bupati Klungkung Cup beberapa waktu lalu, barometer muaythai masih dikuasai Buleleng, Klungkung, Karangasem dan Gianyar. Dari proses entry by number yang dilakukan, tercatat empat daerah yang dipastikan akan mengirim full tim yakni Badung, Denpasar, Buleleng dan Gianyar. 

Wayan Suwita yang juga Binpres KONI Bali itu mengakui tidak semua kabupaten dapat mengirim full tim dikarenakan anggaran yang dimiliki sangat terbatas. Meski demikian, ia memastikan seluruh nomor tetap dapat dipertandingan, karena telah memenuhi persyaratan yakni satu nomor pertandingan minimal diikuti lima kontingen.(Red)