Iklan

One Redaksi
Senin 12 2022, September 12, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-12T09:03:00Z
2022BeritaRRISwara Kencana

Bangga, RRI Singaraja Raih Piala Swaken 2022

Advertisement
http://www.kabarnetizen.my.id-Patut berbangga, salah satu piala dan piagam penghargaan anugerah tertinggi Swara Kencana 2022 berhasil direbut Angkasawan LPP RRI Singaraja, Irene Puspita Sari pada puncak peringatan Hari Radio ke-77. Prestasi ajang bergengsi bagi insan radio di Tanah Air itu menjadi kado istimewa untuk pencapaian RRI Singaraja.

Pada Konser Budaya Kebhinekaan 77 Tahun yang ditutup Penganugerahan Swara Kencana, Tim RRI Singaraja berhasil memenangkan nominasi kategori filler dengan judul "Megoak-Goakan". 

Direktur Utama LPP RRI, I Hendrasmo langsung menyerahkan penghargaan kepada para pemenang di Gedung Auditorium Abdulrahman Saleh LPP RRI, Jakarta, Minggu (11/9/2022) malam.

Mengenakan busana Kebaya Bali nan anggun, Irene Amora sapaan akrab Sub Koordinator Programa 2 Siaran RRI Singaraja saat menerima anugerah Piala dan Piagam Swara Kencana mengaku bangga. Buah pencapaian yang dimimpikan sejak tahun lalu menjadi tangga tertinggi prestasi yang diwujudkan tahun ini.

“Ucapan adalah doa. Saya motivasi diri dengan kata-kata positif. Ini adalah mimpi saya sejak tahun lalu ketika hanya bisa melihat penganugrahan lewat zoom. Sangat terharu sekali sekarang giliran langsung bisa berdiri disaksikan banyak orang,” ungkapnya bangga.

Angkasawati RRI Singaraja yang juga penyiar Programa 2 ini menegaskan diri dalam nominasi filler. Dirinya mampu dengan peka menangkap fenomena kecendrungan anak-anak kekinian yang lebih dekat dengan gadget. 

Pesan yang disampaikan dalam filler itu mengajak dan mengedukasi generasi milenial untuk tidak meninggalkan permainan tradisional yang menyimpan banyak nilai-nilai luhur terkandung.

“Ucap syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi. Berikutnya saya sampaikan terimakasih kepada Kepala LPP RRI Singaraja, Tri Umi Setyawati atas mentoring dan koordinasinya. Tim yang terlibat dan semua teman-teman Super Tim RRI Singaraja,” imbuh angkasawati RRI kelahiran Bekasi, 6 Januari 1990.

“Harapannya kedepan bisa mempertahankan juara, bahkan menyabet nominasi lain di Swara Kencana. Kompetisi lainnya juga bakal saya ikuti untuk mengangkat nama RRI Singaraja,” tegasnya.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Kepala LPP RRI Singaraja, Tri Umi Setyawati menyambut bangga pencapaian prestasi yang ditorehkan tahun ini. Baginya kado istimewa Swara Kencana 2022 menjadikan bukti RRI Singaraja menyajikan konten dengan nilai positif.

“Kompetisi bergengsi ini diikuti insan RRI dan Radio Swasta seluruh Indonesia, ini adalah pencapaian luar biasa, RRI Singaraja mendapat juara satu kategori filler dan juga masuk nominasi 10 besar kategori documenter budaya dalam bentuk video. Ini tidak main-main, mudah-mudahan prestasi ini lebih ditingkatkan,” ujar Tri Umi Setyawati.

“Reward sudah disiapkan manajemen kepada juara dalam Swaken 2022,” tegasnya.

Untuk diketahui, ada lima kategori dalam kompetisi Swara Kencana 2022 diantaranya; iklan layanan masyarakat (ILM), filler, sandiwara radio, news feature, dan video dokumenter.

Nominasi kategori ILM dimenangi oleh RRI SP Sanggau "Jangan Pegang Jangan Sentuh". Kemudian juara dua dari RRI Jakarta "Kebinekaan Indonesia", dan juara tiga dari RRI Pekanbaru "HP Mengalahkan Segalanya".

Nominasi kategori filler dimenangi oleh RRI Singaraja "Megoak-Goakan", dan juara dua RRI Jakarta "Gamelan Mendunia". Sedangkan RRI Yogyakarta "Plat Kendaraan" meraih juara ketiga.

Nominasi kategori drama radio dijuarai RRI Yogyakarta "Cahaya Hati". RRI Cirebon "Tercerai Berai di Meja Makan" juara dua, dan RRI Jakarta "Sepatu Buat Bedah" juara tiga.

Nominasi kategori news feature juara tiga adalah RRI Tarakan "Udang Windu Yang Tak Lagi Dirindu", dan juara dua RRI Batam "Jebolnya Benteng Perlindungan Anak". RRI Purwokerto "Diengku Sayang Serayuku Malang" berhasil keluar sebagai juara tiga.

Nominasi kategori video dokumenter RRI Banjarmasin "Mesiwah Pare Gumboh" juara satu. RRI Sintang "Mewarna Kain Pantang Menjaga Alam" juara dua, dan juara tiga RRI Padang "Alang-Alang Baradiak".(Red