Iklan

One Redaksi
Minggu 30 2022, Oktober 30, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-07T12:59:36Z
BeritaBulelengFIP UndikshaPendidikan

BEM FIP Undiksha Gelar Pemilihan Remaja Berbudi Pekerti (PRB) XVIII 2022 Tingkat Nasional

Advertisement


KABAR NETIZEN - Sebanyak sepuluh orang finalis tampil pada acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Undiksha.Acara tingkat nasional ini berlangsung di Auditorium Undiksha, pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 pukul 14.00 WITA.

Pemenang kategori siswa akan membawa Piala Bergilir Gubernur Bali, sedangkan pemenang kategori mahasiswa akan membawa Piala Bergilir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Ketua Panitia PRB XVIII 2022, Ni Made Risda Kusnari Jayanti menyebutkan bahwa pemilihan ini diikuti total 111 peserta, 89 siswa SMA/SMK dan 22 mahasiswa."Pada Pemilihan Remaja Berbudi Pekerti ke-18 ini, kini terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori siswa SMA/SMK dan mahasiswa,” jelasnya.

“Para peserta tidak hanya berasal dari Provinsi Bali saja, tetapi dari seluruh Indonesia,” tambahnya.

Finalis kategori mahasiswa, berdasarkan data, tidak hanya berasal dari Undiksha saja melainkan ada dari Institut Pertanian Bogor, Politeknik Keuangan Negara STAN, dan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali.

Sedangkan finalis kategori siswa SMA/SMK berasal dari hampir seluruh kabupaten di Bali.

Para finalis, kata Risda, sudah melewati beberapa tahapan seperti seleksi administrasi, portofolio, dan tes kepribadian.

Tampak hadir dalam acara Kepala Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN.ENG., APEC.Eng.

Ia yang mewakili Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sangat mengapresiasi FIP Undiksha yang telah menggelar acara ini.

Apalagi Pemilihan Remaja Berbudi Pekerti ini sudah terlaksana sampai yang ke-18 kalinya, yang tentunya membawa nama harum bagi Undiksha.




“Ke depan, kami berharap kegiatan ini dapat terdaftar di Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud,” harapnya.



Dekan FIP Undiksha, Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi., berharap agar para pemenang serta finalis mampu mengimplementasikan nilai budi pekerti di lingkungan sekitar.

Apalagi para finalis telah melewati proses panjang serta berbagai tahapan sehingga sangat diharapkan untuk memiliki motivasi yang kuat untuk mengimplementasikan dan menularkan nilai budi pekerti.

“Kami berharap mereka tidak hanya jadi juara di sini, tetapi juga mengimplementasikan nilai budi pekerti di lingkungan sekitar,” harap Prof. Gading.

Dekan FIP Undiksha juga mengatakan bahwa Pemilihan Remaja Berbudi Pekerti ini merupakan lomba yang khas meskipun banyak kegiatan yang mirip.

Namun ia menambahkan bahwa sistem penilaian pada PRB ini sangat komprehensif mulai dari prestasi akademik, keterlibatan di ektrakurikuler, dan kepribadian.

“Yang menjadi pemenang pasti yang memiliki kualitas unggul(Red