Iklan

Redaksi Netizen
Kamis 10 2022, November 10, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-10T15:28:03Z
BeritaBulelengBupati JembranaKeamananKTT G20Pelabuhan GilimanukPengamananPintu Masuk BaliPolres Jembrana

Bersama Kapolres Jembrana, Bupati Tamba Pantau Pengamanan di Pintu Masuk Bali

Advertisement

KABARNETIZEN |Sukseskan pelaksanaan Presidensi KTT G20 di Nusa Dua Badung, Bali pada 15-16 November 2022 mendatang, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gede Juliana beserta jajarannya, melakukan pemantauan keamanan di wilayah Pelabuhan Gilimanuk.

Sejak beberapa waktu lalu, pengamanan pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk jelang H-6 pelaksanaan KTT G20 diperketat. Setiap orang yang hendak masuk Bali diwajibkan untuk melakukan validasi KTP dan melewati kamera pemindai wajah.

Petugas dari jajaran kepolisian yang berjaga di Pos 2 Gilimanuk dengan sigap mengarahkan seluruh pengendara sepeda motor maupun penumpang kendaraan roda empat. Mereka diminta untuk membuka masker saat melewati kamera pemindai wajah yang dipasang di pintu keluar pos pemeriksaan KTP dan validasi vaksin.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, pengamanan  secara serentak dimulai pada Senin, 7 Nopember 2022 lalu. Sebanyak 200 personil polri diterjunkan secara bergantian. Tidak hanya itu, pihaknya juga melibatkan petugas dari instansi terkait untuk bersama-sama melakukan pemeriksaan identitas di Gilimanuk. 

Dalam pemeriksaan kendaraan maupun barang, pihaknya juga menerjunkan personil K-9 dibantu dengan metal ditector dan mirror. Personil K-9 juga diperbantukan dalam pemeriksaan.

"Mudah-mudahan tidak ada hal-hal atau barang yang berbahaya masuk ke Bali. Ini sebagai antisipasi kita,” terangnya, Kamis (10/11/2022)

Kepada masyarakat, Kapolres Jembrana meminta pengertiannya karena saat ini pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk diperketat. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamana, terutama saat pelaksanaan G20 di Nusa Dua.

Selain di Pelabuhan Gilimanuk, pengetatan pengawasan juga dilakukan di 14 titik disepanjang pesisir Jembrana yang biasanya digunakan oleh kelompok nelayan tradisonal. Titik-titik itu disinyalir memungkinkan untuk digunakan oleh orang-orang atau pihak yang sengaja menghindari pemeriksaan petugas di Gilimanuk. 

Sementara itu,  Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan, kesuksesan penyelenggaraan Presidensi KTT G20 diperlukan peran dari berbagai pihak. 

Pihaknya bersama jajaran kepolisian bersinergi dan ikut melakukan pemantauan di Pelabuhan Gilimanuk sebagai pintu masuk Bali bagian barat. Hal itu dilakukam agar tercipta situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan Presidensi G20.(ded)

Ket foto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Kapolres Jembrana melakukan pemantauan pengamanan di pintu masuk Bali, pelabuhan Gilimanuk (red)