Iklan

Redaksi Netizen
Kamis 10 2022, November 10, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-10T14:22:34Z
BeritaBSI BulelengBulelengCV New PerkasaGP Ansor BulelengKemenag Kabupaten BulelengPT Penerbit ErlanggaTanfidziyah PCNU BulelengUD Putra Mandiri

Peringati Hari Pahlawan, Pendis dan Ansor Gelar Lomba Orasi Bung Tomo

Advertisement

KABARNETIZEN |Peringati Hari Pahlawan, Seksi Pendidikan Islam Kabupaten Buleleng dan GP Ansor Kabupaten Buleleng Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan melalui Lomba Orasi Bung Tomo

Dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan (10 Nopember 2022) GP Ansor Kabupaten Buleleng yang di dukung oleh Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kabupaten Buleleng menyelenggarakan gelar Lomba Orasi Bung Tomo Tingkat MI/SD, MTs/SMP dan an MA/SMA/SMK.

Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Sasana Budaya Buleleng yang dalam laporannya ketua Panitia sekaligus ketua PC GP ANsor Sahabat Abdul Karim Abraham menyampaikan alasan diselenggarakannya kegiatan ini berdasarkan sejaran Panjang resolusi jihad hingga meletusnya Perang Surabaya. Dalam peperangan itu terdapat actor yang terlibat dari unsur kyai/ulama seperti KH. Hasyi  Asyari dan KH Wahab Hasbullah dan meminta Sutomo (bung Tomo) yang waktu itu sebagai penyiar radio untuk menyampaikan semnagat resolusi jihad melawan sekutu.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng yang pada saat itu di wakilkan oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor kementerian Agama Kabupaten Buleleng (Drs. Made Sarjana) dengan diikuti oleh 6 finalis di masing-masing jenjang yang telah di lakukan seleksi online terlebih dahulu secara selektif melalui penilaian video orasi yang diunggah di laman youtube “Ansor Buleleng”. Dari laporan panitia ada 68 peserta dan terpilih sebagai finalis 18 peserta.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sarjana,  lomba ini merupakan momentum yang bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia khususnya Pada saat Perjuangan Rakyat surabaya untuk mengusir penjajah pada Agresi Militer Belanda ke-2 serta membakar semangat patriotisme para pemuda dalam melanjutkan perjuangan menjaga NKRI.

“Mengenang semua itu (Perjuangan Rakyat Surabaya), maka Lomba orasi bung Tomo dijadikan momentum oleh PC Gerakan Pemuda Ansor Kab. Buleleng bekerjasama dengan Seksi Pendis Kemenag Buleleng memberikan ruang dan kesempatan kepada pelajar usia SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA untuk menggali potensi patriotic mereka (peserta) untuk menjaga inspirasi perjuangan menjaga NKRI” ucap Sarjana dalam sambutan pembukaan acara.

Selain itu, Kasubag TU juga menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Ansor Buleleng sebagai representasi Pemuda dan NU yang bergandengan dengan seksi Pendis Kemenag Buleleng dalam mewujudkan pelayanan yang berorientasi pada moderasi beragama dan menjaga integrasi nilai perjuangan kebangsaan.

Pada acara tersebut turut hadir Kepala Seksi Pendidikan Islam (Lewak karma, M.Pd) yang memandu hening cipta mengenang jasa perjuangan pahlawan dan juga diakhir acara menutup dengan motivasi secara resmi.  Dalam kegiatan tersebut undangan lainnya yaitu ; Dewan Juri Lomba Orasi Bung Tomo, Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Buleleng dan jajarannya, Ketua Banom/Lembaga di lingkungan NU Kab. Buleleng dan jajarannya, Jajaran Pengawas Madrasah/PAI, Kepala Madrasah/Sekolah, Guru Pendamping Peserta Lomba Orasi Bung Tomo dan Para Sponsor/donator : BSI Buleleng, PT Penerbit Erlangga, CV New Perkasa dan UD Putra Mandiri.

Secara umum kegiatan berjalan lancar dengan keikutsertaan perserta yang sangat antusias dalam berlomba.

Adapun hasil rekapan lomba orasi bung tomo sebagai berikut: Jenjang MI/SD: Juara 1 : JOHAN EVANDER BENEDICT (SDN 3 Sumberkima), Juara 2 : MUHAMMAD REZVAN AZZAM (MIN 2 Buleleng), Juara 3 : SYIFA AZZAHRA WIJAYA (MIN 5 Buleleng), Harapan 1 : ALIF MAULANA IRKIN SAHBANDI (MI NURUN NAJAH),Harapan 2 : ATHA ZAHRANIA (MIN 3 BULELENG) dan Harapan 3 : M.REIVAN NAFIDZ JAYADI (MI TERPADU MARDLATILLAH)

Untuk Jenjang MTs/SMP Juara 1 : NAZILA FITRIANI (MTsN 2 BULELENG), Juara 2 : AZQIA SYAFIRA AHZAR (MTsN 1 BULELENG), Juara 3 : DINA AGUSTIN (MTs NURUL HUDA GONDOL), Harapan 1 : PUTRI ADINDA ROSALIA (SMPN SATU ATAP GEROKGAK), dan Harapan 2 : ANDI SAKA FATURAHMAN (MTs NURUL HUDA GONDOL)

Pada Jenjang MA/SMA/SMK, Juara 1 : DENI NUR ZACKIA PUTRI (MAN BULELENG), Juara 2 : WULANDARI (MA AT TAUFIQ SINGARAJA), Juara 3 : AHMAD RAZAB (MA SYAMSUL HUDA TEGALLINGGAH), Harapan 1 : SUHAILATUL MUNA (MA MIFTAHUL ULUM PEGAYAMAN), Harapan 2 : SITI NUR FADILA (MAS SUNAN AMPEL SUMBERKIMA), dan Harapan 3 : SULTAN MA’RUF (MAS SUNAN AMPEL SUMBERKIMA)

Sebagai motivasi peserta  diambil Juara Favorit setiap jenjang berdasarkan jumlah viewers dan like dihasilkan Tingkat SD/MI : VIOLA KEISHA PUTRI AHMAD, Tingkat MTs/SMP: DINA AGUSTIN  dan Tingkat MA/SMA/SMK : DENI NUR ZACKIA PUTRI. (red )