Iklan

Redaksi Netizen
Rabu 16 2022, November 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-16T12:26:53Z
BeritaBulelengDPMD BulelengPerbekelPoltik

Tiga Perbekel PAW Terpilih Akan Segera Dilantik. Satu diantaranya perempuan

Advertisement

KABARNETIZEN |  Tiga orang Perbekel Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk di Desa Munduk, Desa Dencarik dan Desa Bondalem yang terpilih beberapa waktu lalu, bakal segera dilantik. Pelantikan tersebut harus segera dilakukan, mengingat 3 Perbekel PAW yang terpilih agar segera bisa menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran (TA) 2023.PAW Ketiga perbekel tersebut lantaran ketiganya telah meninggal dunia

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena mengatakan, pemilihan Perbekel PAW Desa Munduk, Desa Bondalem dan Desa Dencarik ini dilakukan melalui musyawarah desa (Musdes). Untuk Pilkel PAW Desa Munduk terpilih yakni Nengah Sudira, pada 12 Oktober 2022 lalu.

Kemudian Desa Dencarik terpilih Ni Luh Kertawati, pada 19 Oktober 2022 dan Desa Bondalem terpilih Gede Arya Odantara, pada 11 November 2022. Saat ini DPMD Buleleng masih menunggu hasil panitia Pilkel PAW Desa Bondalem. Sedangkan untuk Desa Munduk dan Desa Dencarik hasilnya telah diterima.

Setelah semua hasil disampaikan, selanjutnya pihak DPMD Buleleng akan segera melaporkan terkait dengan hasil pemilihan melalui Musdes di masing-masing desa ke Pejabat Bupati (Pj) Buleleng, agar segera bisa ditindaklanjuti untuk proses pelantikan Perbekel PAW terpilih ini.

"Kami masih menunggu laporan dari Desa Bondalem, kalau sudah baru kami buatkan SK dan lapor ke Pj Bupati untuk dicarikan waktu soal pelantikan. Ya kami berusaha agar secepatnya dilantik, sebab mereka juga kan harus membuat APBDes tahun 2023 nanti," kata Agus Jaya Sumpena, kamis (15/11) siang.

Sementara Camat Tejakula, Gede Suyasa menjelaskan, pelaksanaan Pilkel PAW Desa Bondal sudah dilaksanakan pada 11 November 2022 lalu. Saat itu, terdapat 3 calon dengan total suara pemilih sekitar 147 orang perwakilan. Hasilnya, Gede Arya Odantara selanjutnya terpilih sebagai Perbekel PAW Desa Bondalem dengan perolehan 76 suara.

Terpilihnya Gede Arya Odantara ini akan melanjutkan sisa jabatan Perbekel Desa Bondalem yang masih berlangsung hingga tahun 2023 nanti. "Selanjutnya kami ini masih menunggu kapan waktu pelantikannya. Namun sebelum itu, kami segera akan melaporkan hasil dari proses pemilihan ini," pungkas Suyasa.

Sekedar diketahui, masa jabatan masing-masing Perbekel PAW kni berbeda-beda. Untuk masa jabatan Perbekel PAW Desa Munduk akan menjabat hingga tahun 2027 nanti. Sedangkan untuk masa jabatan Perbekel PAW Desa Dencarik dan Desa Bondalem akan menjabat sampai dengan tahun 2023 nanti.(Red)