Iklan

Zainuddin Yasin
Selasa 24 2024, September 24, 2024 WIB
Last Updated 2024-09-24T07:47:51Z

4 Tahun Menabung 1 Milyar Wujudkan Kantor Desa Baru

Advertisement





GEROKGAK, KABARNETIZENS 

Guna mewujudkan impian  kantor desa yang layak tentu dibutuhkan anggaran yang lumayan. Begitulah impian pemerintahan Desa Patas, Kecamatan Gerokgak agar segera memiliki kantor desa yang  baru  sebagai penopang pelayanan publik.


Upacara peletakan batu pertama oleh perbekel Desa Patas, Made Suparsa peretngan September lalu menndakan hahwa proyek pembangunan kantor desa Patas mulai dikerjakan. Pembangunan kantor Desa Patas dengan menelan biaya sedikitnya Rp 1 milyar dengan luas bangunan 17 x 12 meter yang menurut rencana 2 laintai


Menariknya, proyek pembangunan kantor desa bersumber dari hasil menabung selama hampir 5 tahun yang sisikan anggrana  Desa  sebesar Rp 250 juta tiap tahunnya. Perbekel Desa Patas Made Suparsa mengatakan, pembangunan kantor desa Patas ini adalah bagian dari hasil musdes yang dirancang oleh perbekel terdahu.


"Fungsi kantor desa adalah pelayanan publik. Selama ini Kantor desa sudah tidak kayak pakai karena fisik bangunan hampir 40 tahun lebih. Sebagain bangunan sudah mulai rapuh dan rusak sehingga itu menjadi salah satu pertimbangan,"ujar Suparsa saat ditemui di kantor Desa Patas, Jumat (23/9)


Selain itu, kata mantan kadus  yeh Panas ini, jumlah penduduk desa Patas mencapai 12 jiwa dan menjadi salah satu jumlah penduduk terdapat di kabupaten Buleleng."jumlah penduduk padat menjadi salah satu tantangan ke depan. Bagaimana tersedinya SDM dan SDA karena keduanya menjadi faktor kemajuan sebuah desa,tandas Perbekel Suparsa 


Alokasi Anggaran pembangunan kantor desa  Rp 1 milyar dari hasil menabung selama 5 tahun dan  ditambah lagi  suntikan  Rp 1 Milyar dari hasil hibah BKK Pemerintah kabupaten Badung menjadi magnet tersendiri untuk membangun kantor Desa dan kebutuhan mendesak lainnya.


"Dana hibah BKK dari pemerintah kabupaten Badung  yang diperuntukan keperluan di masing masing desa sesuai dengan kebutuhan desa. Untuk desa Patas ada yang gunakan untuk kantor desa dan kebutuhan mendasar lainnya,"ujar Perbekel Suparsa


Sementara ketua BPD Desa Patas, Nur Salim berpendapat bantuan hibah BKK dari pemerintah kabupaten Badung kepada semua desa di Buleleng  sesuai peruntukan Desa masing-masing. Namun yang terpenting adalah program pembangunan kantor desa.


Dana hibah BKK dari pemerintah kabupaten Badung untuk desa Patas sendiri lebih fokus untuk pembangunan kantor desa yang sedang dikerjakan (Yasin_netizens)