Iklan

Zainuddin Yasin
Senin 30 2024, September 30, 2024 WIB
Last Updated 2024-09-30T19:23:08Z
BeritaPilgub BaliPilkada BulelengPolitik

Kampanye Koster Giri Dihadiri Ribuan Simpatisan, Janjikan Pendidikan Gratis

Advertisement



SERIRIT, KABAR NETIZENSCOM 

Kampanye putaran pertama pasangan calon (Paslon) yang diusung PDI Perjuangan, Wayan Koster dan Nyoman Giri Prasta, di Kabupaten Buleleng, Ahad  (29/9/2024) cukup  meriah diahdiri ribuan pendukung 


Kampanye pada Minggu (29/9/2024) di Kecamatan Seririt yang dipusatkan di GOR Desa Banjarasem pukul 13.30 wita itu benar-benar bulu kuduk merinding. Kehadiran Koster-Giri Minggu siang itu benar-benar membuat Seririt bergetar. Ribuan massa pendukung Paslon Gubernur/Wagub Nomor Urut 2 itu mengeluk-eluk Paslon Utara-Selatan itu.


Koster berjanji akan menggratiskan biaya pendidikan mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).”Program pendidikan SD, SMP, SMA, SMK gratis,” janji Koster.


Cagub asal Desa Sambiran ini  mengatakan untuk merealisasikan programnya itu, ia akan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bali dan kabupaten. “Kan ada dana APBD Provinsi dan kabupaten,” ucapnya.


Selain program pendidikan gratis, Koster mengaku sudah merancang pengembangan kapasitas Pelabuhan Sangsit dan Pelabuhan Celukan Bawang dengan landasan visi Nangun Sat Kerti Loka Bali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Buleleng. Koster menyebut bahwa janji itu akan direalisasikan jika ia menang dalam Pilgub Bali 2024. “Akan dibangun sudah selesai perencanaannya. Akan dibangun 2026. Celukan Bawang akan dikembangkan kapasitasnya,”  ujar Koster


 Paslon Koster-Giri juga berjanji akan membangun industri olahan pertanian di Buleleng dengan tujuan untuk mengakomodir, produk hasil pertanian di Buleleng. “Karena Buleleng terkenal dengan pertanian, rambutan, garam, anggur, bekul. Semua akan dibangun untuk memajukan Buleleng,” janji Koster.


Yang menarik, pada Pilgub Bali 2024 ini, Cagub Koster menargetkan, menang di Kabupaten Buleleng. Kendati tidak merinci, berapa persen kemenangan yang diraih tanggal 27 November 2024 nanti, tokoh asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ituyakin masyarakat akan memilihnya kembali pada tanggal 27 November 2024 mendatang.


“Jele melah, nyame gelah. Sube ade Gubernur ngengken milih ne len (sudah ada Gubernur ngapain milih yang lain). Pokoknya Koster-Giri, Sutjidra-Supit. Saya yakin orang Buleleng pasti milih Gubernur dari Buleleng. Yang penting menang (target),” ucap Koster sambil tersenyum.


Pernyataan itu juga ditimpali calon Wakil Bupati Buleleng, Gede Supriata. “Sube ade ne ganteng ngeken milih ne jelek. (Sudah ada yang ganteng ngapain milih yang jelek),” katanya.


Cawagub Nyoman Giri Prasta pun tidak kalah genitnya dalam penampilannya di hadapan ribuan massa yang mengeluk-elukkan mereka berdua itu. Giri Prasta dengan gaya khas menyatakan dirinya akan menjamin jika terpilih Pajak Hotel dan Restoran (PHR) Kabupaten Badung, akan dihibahkan Rp 500 miliar per tahunya untuk Buleleng. “Saya jamin kalau terpilih. Minimal Rp 500 miliar PHR Badung diberikan untuk Buleleng,” janji Giri Prasta disambut teriakan histeris massa.


Dengan penuh prcaya diri, Giri Prasta optimis akan menang di Pilkada 2024. Bagi Giri Prasta tidak ada istilah kalah bagi Koster-Giri. Giri Prasta mengklaimKoster-Giri tak mau seri apalagi kalah. “De je kalah, sapih sing nyak (jangankan kalah, seripun tidak mau),” tegas Giri Prasta dengan gaya khasnya.


Sementara Cagub Giri Prasta juga  terus membangun komunikasi dengan masyarakat lapir bawah untuk menjaga keajegan  Bali  yang selama ini sudah berjalan maksimal.  "Kita yakin Bali 5 hingga  10 tahun ke depan  terus menjadi primadona dunia. Mulai dari saat ini kita terus berupaya membina dan membangun generasi muda agar menjadi generasi yang kuat,"(tim_net)