Iklan

Zainuddin Yasin
Rabu 02 2024, Oktober 02, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-02T13:04:31Z
BeritaBerita BulelengMulia PASPolitik

Bangkitkan Ekonomi Pedesaan, PAS Janji Realisasikan Akses Jalan Tembusan Tegallinggah-Wanagiri

Advertisement


 

SINGARAJA, KABAR NETIZENSCOM

Jadwal Kampanye  Putu Agus Suradnyana (PAS), Calon Wakil Gubernur Bali yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus menjanjikan merealisasikan jalan tembusan dari Desa Tegallinggah menuju Desa Wanagiri. Hal ini disampaikannya saat berkampanye di Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada Rabu (2/10) pukul 17.00 Wita.


Kampanye tersebut cukup berbeda dari gerakan promosi pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bali 2024. Sebab kampanye di Desa Tegallinggah dibalut dengan konser dangdut. Cawagub PAS mengenakan  pakaian serba Putih itu lebih banyak bercanda ria dengan warga masyarakat 


Bahkan sesekali PAS juga ikut berjoget dengan gayanya sendiri, sembari mendengarkan lantunan suara merdu dari biduan dangdut. 


Kata PAS yang juga Bupati Buleleng periode 2012-2022, ia memiliki hutang dengan Desa Tegallinggah yaitu jalan tembusan dari wilayah tersebut ke Desa Wanagiri yang ada di atasnya. Ia menjelaskan saat menjabat dulunya, pembangunan infrastruktur utamanya jalan harus terhambat, lantaran diterpa pandemi Covid-19.


Disebutkan lagi, bila di Buleleng saat ia menjadi bupati tersisa 20 persen jalan kabupaten yang terhambat perbaikannya alias kurang lebih 100 km. Namun jalan utama, kata PAS, sudah selesai, hanya jalan aksesnya saja yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR). Salah satunya jalan tembusan dari Desa Tegallinggah menuju Desa Wanagiri.


PAS juga mengatakan bahwa jalan yang dulunya ia bangun di Buleleng sudah mulai ada kerusakan, hal ini tentu menjadi PR bersama dan besar bagi Bali utara.


”Dulu kami pikir masyarakat di Desa Tegallinggah lebih banyak ke kota. Tapi kini Wanagiri berkembang pariwisatanya, sehingga keinginan masyarakat agar jalan tersebut dapat dimanfaatkan untuk farming tourism,” kata PAS


PAS mendukung bila ada wisata yang menggabungkan pariwisata dengan pertanian, karena menurutnya ada nilai positif yang akan terjadi. Meski begitu, ia berharap Buleleng tetap dijaga ciri khasnya, salah satunya dengan mengendalikan pembangunan bila jalan tersebut akhirnya direalisasikan.


”Sehingga antara kemajuan dan value yang didapat tourism, tidak merusak apa yang menjadi ciri dari Buleleng. Sekarang banyak tamu ke Buleleng,” lanjutnya. (TIM_net)